Selamat datang di CaraCari.Com

Cara Beternak Burung Kenari Lokal

Sabtu, 13 Juli 20130 komentar

Sebenarnya post kali ini pernah saya tulis di blog WP saya, saya kopas isi post itu.

Lansung saja sesuai dengan judul ternak burung Kenari local ala Admin.

Selain hal hal dasar perawatan burung, ada beberapa hal yang harus di perhatikan seandainya mau mencoba beternak Burung Kenari.


1.     Menyiapkan kandang ternak dan penempatanya.
2.     Menyiapkan indukan.
3.     Menjodohkan dan menyatukan.
4.     Memisahkan jantan / anakan.
5.     Perawatan anakan.

Menyiapkan kandang ternak dan penempatanya.


Menurut saya kalau kita ingin beternak yang harus pertama kali di siapkan adalah kandang untuk ternaknya. Kandang untuk ternak bisa kandang tunggal/sangkar biasa atau bisa juga dengan kandang yang menyatu tapi di sekat sekat.



Dalam hal ini saya memilih kandang yang menyatu. Saya membuat sendiri kandangnya dengan ukuran PLT 165cm x 40cm x 40cm, kemudian di sekat, jadi satuanya PLT, 40cm x 40 cm x40cm. Menurut salah satu sumber yang saya baca kandang dengan ukurun ini kurang ideal, idealnya PLT 45cm x 40cm x 40cm. Saya memaksakan dengan ukuran ini semata pemanpaatkan ruang saja. Ada juga sumber yang mengatakan kangdang yang menyatu itu kurang baik, ribet saat burung mau di jemur. Ribetnya pasti, mengingat ukuranya

Untuk itu silakan putuskan sendiri mau kandang dengan kurung model biasa atau mau kandang yang khusus. Dua duanya ada plus minusnya.


Kembali ke kandang ternak yang saya buat, bagian atas, bagian samping kiri kanan, sekatan, saya menggunakan triplek 4mm, tulangnya lis 400cm x 2cm x 1cm. Untuk bagian bawah di buat berlaci supaya memudahkan dalam membersihkan kandangnya. Bagian belakang menggunakan kawat kasa (ram nyamuk) agar pentilasi udara lancar. Untuk bagian depan bisa jeruji bisa juga ram kawat 1cm pilihlah yang berlapis plastic. Di bagian dalam sangkar di tempatkan lampu 2,5 wtt untuk keperluan penerangan di saat saat tertentu.



Mengenai tempat untuk menempatkan kandang ternak itu sendiri, kalau boleh di bilang syarat, ada syarat syaratnya yaitu :

Usahakan tempatkan kandang di tempat yang terlingdung dari berbagai hama pengganggu, berpentilasi cukup, berpencahayaan cukup, tidak begitu terganggu dengan berbagai aktifitas.
Tempel kandang ke dingding, tapi usahakan agar tidak menempel secara langsung. Buatlah 2 atau 3 gantungan di bagian belakang kandang, tancapkan paku ke dingding, baru kandang di gantung di paku itu. Atau bisa juga di buatkan rak untuk menyusun kandang

Saya sendiri penempatan kandang memilih di gudang, karena hanya gudanglah tempat yang ada di rumah saya yang paling memungkinkan.

Penerangan saya pake lampu pendar/neon 24 watt yang di nyalakan nonstop di gantung di dekat kandang.

Menyiapkan indukan

Isya Allah di post lain waktu

wasalam
yan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : CariCara | Sekedar Menulis | Johny Template | Suport | Promosi
Copyright © 2011. cara cari cara - All Rights Reserved
Template Created by Admin Blog Cara Cari . Com
Proudly powered by Blogger